Senin, 22 Februari 2010

Model-model Data

Data model merupakan sekumpulan konsep untuk menerangkan data, hubungan-hubungan antara data, dan batasan-batasan yang terintegrasi di dalam suatu organisasai.
Tujuan model data adalah Menyajikan data agar mudah di modifikasi.

Model data dapat dibagi empat kategori :

1. Model data berbasis objek (Object-Based Data Model)
Menggunakan konsep entitas, atribut, dan hubungan antar entitas. Ada tiga macam jenis model data berbasis objek yaitu :

a. Entity Relationship Model (E-R Model)
Model untuk menjelaskan hubungan antar data dalam basis data berdasarkan suatu persepsi bahwa real word terdiri dari objek-objek (entity) dasar yang mempunyai hubungan atau relasi antara objek-objek tersebut.
E-R 3MODEL berisi ketentuan/aturan khusus yang harus dipenuhi oleh isi database. Aturan terpenting adalah MAPPING CARDINSLITIES, yang menentukan jumlah entity yang dpt dikaitkan dengan entity lainnya melalui relationship-set.

b. Semantik Model
Penyajian data menggunakan kata-kata yang mengandung arti atau bisa dikatakan hampir sama dengan Entity Relationship model dimana relasi antara objek dasar tidak dinyatakan dengan simbol tetapi menggunakan kata-kata (Semantic).

c. Binary Model
Model data yang memperluas definisi dari entity, bukan hanya atribute-atributenya, tetapi juga tindakan-tindakannya.

2. Model data berbasis record (Record-Based Data Model)
Model ini berdasarkan pada record untuk menjelaskan kepada user tentang hubungan logic antar data dalam basis data. Terdapat tiga macam jenis model data berbasis record, yaitu:

a. Relational Model
model relasional menggunakan kumpulan tabel-tabel untuk merepresentasikan data & relasi antar data-data tersebut. Setiap tabel terdiri atas kolom-kolom, dan setiap kolom mempunyai nama yang unik.

b. Hierarchical Model
data-data disajikan dengan bentuk pohon (tree) dan mempunyai root dan beberapa subtree.

c. Network Model
Data dalam model jaringan direpresentasikan dengan sekumpulan record (Pascal), dan relasi antara data direpresentasikan oleh record & link. Link dipandang sebagai pointer. Record-record diorganisasikan sebagai graf.

3. Model data fisik (Physical-Based Data Model)
Menggambarkan data ditingkat internal; penyimpanan data secara detailnya dengan format record penyusunan record dan jalur akses.

4. Model data konseptual
Menyediakan konsep yang sesuai dengan persepsi pemakai yang memandang datanya.


Sumber :
astriahabny.mywapblog.com
www.docstoc.com

1 komentar: