Kamis, 09 Desember 2010

Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR) pada Telkom

Tanggung jawab Sosial Perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) adalah suatu konsep bahwa organisasi, khususnya (namun bukan hanya) perusahaan adalah memiliki suatu tanggung jawab terhadap konsumen, karyawan, pemegang saham, komunitas dan lingkungan dalam segala aspek operasional perusahaan. Untuk menunjukkan bahwa perusahaan adalah warga dunia bisnis yang baik maka perusahaan dapat membuat pelaporan atas dilaksanakannya beberapa standar CSR termasuk dalam hal: Akuntabilitas atas standar AA1000 berdasarkan laporan sesuai standar John Elkington yaitu laporan yang menggunakan dasar triple bottom line (3BL). Global Reporting Initietive, yang mungkin merupakan acuan laporan berkelanjutan yang paling banyak digunakan sebagai standar saat ini. Verite, acuan pemantauan laporan berdasarkan standar akuntabilitas sosial internasional SA8000 Standar manajemen lingkungan berdasarkan ISO 14000.
Sebagai contoh perusahaan yang sudah menerapkan CSR adalah Telkom yaitu perusahaan yang beroperasi dalam bisnis TIME, berkomitmen untuk mengoptimalkan potensi ini bagi kualitas hidup sehingga dapat tumbuh bersama dengan masyarakat. Program Santri Indigo, yang dimulai sejak tahun 2007, menyediakan pelatihan internet bagi 630 santri, guru dan pengelola pesantren. Pada tahun 2007, TELKOM mencanangkan “Bagimu Guru Kupersembahkan”.

Sumber :

http://id.wikipedia.org/wiki/Tanggung_jawab_sosial_perusahaan

http://www.telkom.co.id/hubungan-investor/tata-kelola-perusahaan/tanggung-jawab-sosial-perusahaan/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar