Kamis, 22 Oktober 2009

Segmentasi Pasar

Pasar merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli serta tulang punggung perekonomian masyarakat, baik masyarakat yang berada di kalangan ekonomi rendah hingga masyarakat yang berada di kalangan ekonomi tinggi (hidup mewah). Semua unsur yang berkaitam dengan ekonomi terdapat di pasar mulai dari unsur produksi, distribusi dan unsur konsumsi. Pasar merupakan tempat untuk melihat kebutuhan dan keinginan berbagai kelompok konsumen dan bagaimana mereka dapat dipuaskan secara lebih baik, terdapat sala satu teknik yang sering digunakan adalah Segmentasi Pasar.
Segmentasi pasar adalah pengelompokan pasar berdasarkan karakteristik tertentu atau cenderung homogen. Tujuan manggunakan segmentasi pasar adalah untuk merancang pemasaran yang lebih tepat dalam menjawab suatu kebutuhan para konsumen.

Dasar Segmentasi pasar :
1. Demografis (Jenis kelamin, Usia, dan Pendapatan)
2. Geografis (Tempat, Kepadatan Penduduk, dan Iklim)
3. Psikologis (Kepribadian, Motivasi, Persepsi, Pengetahuan dan Sikap)
4. Psikografis (Gaya hidup)
5. Sosial-Budaya (Siklus kehidupan keluarga, Kelas sosial dan Nilai-nilai budaya)
6. Situasi Pemakaian (Mefokuskan pada tipe dan batas pemakaian)
7. Manfaat (Kegunaan dr barang yang diinginkan)
8. Gabungan (Menggunakan lebih dari 1 Segmentasi)

Pasar Tradisional masih diminati Konsumen

Observasi pasar yang akan saya amati adalah Pasar Kemiri yaitu merupakan sala satu pasar Tradisional.


Gambar Pasar Kemiri

Ketika saya amati kondisi jalan yang sering di lewati oleh para konsumen pasar tersebut masih kurang baik dimana membuat para pemakai jalan merasa tidak nyaman apalagi ketika pada musim hujan tiba. Ternyata kondisi jalan tersebut tidak membuat para konsumen untuk pergi meninggalkan pasar tradisional tersebut, yang membuat para konsumen bertahan adalah harga yang ditawarkan oleh para penjual murah bahkan masih dapat di tawar oleh para konsumen dan barang yang dijual seperti sayur, buah-buahan, serta rempah-rempah masih segar. Terlihat pakaian yang di pakai para konsumen dapat di tebak bahwa para konsumen tersebut berasal dari kalangan ekonomi rendah hingga sedang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar