Kamis, 25 Februari 2010

Jenis-jenis kunci Relasional

Kumpulan data yang saling berhubungan atau biasa disebut Relasional merupakan Basis Data. Model Relasional merupakan model yang menggunakan kunci untuk mengidentifikasi atau membedakan antara table yang satu dengan yang lainnya. Model Relasional memiliki beberapa jenis kunci dimana memiliki fungsi yang berbeda dalam mengidentifikasi. Terdapat 6 jenis kunci Relasional, yaitu :

1. SUPER KEY
Atribut yang memiliki satu atau lebih yang dapat membedakan setiap baris data dalam table secara unik. Contohnya adalah npm, nama_mhs, tgllahir.

2. CANDIDATE KEY
Atribut dalam relasi yang mungkin mempunyai nilai unik dan memiliki satu set minimal atribut yang mengidentifikasikan secara unik suatu kejadian spesifik dari entitas. Minimal satu set dari atribut menyatakan secara taklangsung dimana kita tidak dapat membuang beberapa atribut dalam set tanpa merusak kepemilikan yang unik. Contohnya adalah npm dan nama_mhs.

3. PRIMARY KEY
Atribut yang tidak hanya mengidentifikasikan secara unik suatu kejadian spesifik, tapi juga dapat mewakili setiap kejadian dari suatu entitas. Setiap satu kunci CANDIDATE KEY yang dapat mewakili secara menyeluruh terhadap entitas yang ada, memiliki peluang menjadi PRIMARY KEY. Contohnya npm.

4. FOREIGN KEY
Atribut dengan domain yang sama menjadi kunci utama pada sebuah relasi tetapi pada relasi lain atribut tersebut hanya sebagai atribut biasa dan suatu schema relasi dapat memiliki atribut yang menunjuk ke PRIMARY KEY dari relasi lain. Contohnya adalah npm, kode_matkul pada relasi ambil_matkul.

5. ALTERNATE KEY
Atribut dimana key yang tidak terpilih atau yang tidak dipakai sebagai PRIMARY KEY dan CANDIDATE KEY. Contohnya adalah nama_mhs.

6. COMPOSITE KEY
Atribut merupakan gabungan dua key atau lebih yang secara unik dapat menidentiifikasi sebuah tupelo. Contohnya npm, dan kode_matkul

Sumber :
http://sukamikir.wordpress.com/2008/10/08/macam-macam-kunci-pada-basis-data/
http://one.indoskripsi.com/node/7071
polnep.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar